4 Cara Meningkatkan Performa Laptop & PC Dengan Mudah

Posting Komentar
Performa laptop atau PC yang bagus tentunya sangat dididam idamkan oleh setiap orang, biasanya beberapa dari mereka rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan laptop / PC dengan performa yang sangat baik, akan tetapi bagaimana dengan orang-orang yang tidak mempunyai uang yang banyak ? apakah ada cara agar kita dapat merasakan Laptop dengan performa yang baik tanpa mengeluarkan uang yang lebih ? maka dari itu mari kita simak 4 tips berikut ini:


Pindahkan Data Yang Tidak Dipakai

Apakah kalian tahu bahwa memori penyimpanan yang penuh akan mempengaruhi kinerja Laptop dan PC ? maka dari itu usahakan untuk memindahkan data dengan kapasitas besar seperti foto, video, dan data lainnya ke perangkat penyimpanan eksternal, seperti harddisk external / flashdisk. Tentunya kita tidak mau meyimpan banyak data yang tidak dipakai bukan.

Uninstal Program Yang Tidak Terpakai

Banyak orang biasanya sangat acuh dengan hal ini, beberapa dari mereka melakukan proses penginstalan sebuah aplikasi yang hanya dibutuhkan sesaat, lalu meninggalkannya begitu saja, tentunya hal ini akan mempengaruhi kinerja laptop. Pilihlah beberapa program yang tidak pernah kalian pakai dan uninstal semua, hal tersebut bertujuan untuk menghemat penyimpanan eksternal, dan menghemat kapasitas RAM dari aplikasi yang berjalan dibelakang layar, seperti antivirus misalnya, menyimpan banyak antivirus tidak membuat laptop kamu tahan dari serangan malware, gunakanlah 1 / 2 aplikasi saja untuk menghemat penyimpanan laptop kamu.

Lakukan Disk Cleanup

Proses ini dapat membantumu menghapus ratusan megabyte sampai gigabyte data-data yang tidak terpakai (cache), hal tersebut tentunya berhubungan dengan tips pertama dan kedua diatas, yaitu memori penyimpanan yang penuh akan menghambat kinerja laptop. Untuk itu kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CC Cleaner untuk menghapus file-file sampah dari aktivitas browsing dan download kalian.

Upgrade penyimpanan ke SSD

Dengan melakukan upgrade penyimpanan yang awalnya adalah hard-disk drive internal (HDD) ke Solid State Drive (SSD) ternyata dapat meningkatkan performa laptop hingga 4 kali lipat. Hal tersebut dapat berefek dan sangat jelas terlihat saat proses booting, bermain game, hingga perpindahan antar aplikasi pun dapat lebih cepat dan tidak lemot. Untuk itu kalian harus menabung untuk mengganti penyimpanan kalian ya guys.

Related Posts

Posting Komentar