Apa itu Geologi Pengertian dan Penjelasan

Posting Komentar

Geologi adalah ilmu tentang bumi, yang umumnya adalah mengenai batuan, sedangkan seorang yang mempelajari geologi disebut geolog. Kata geologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Geo dan Logos, Geo berarti "Bumi" sedangkan Logos berarti "Ilmu"

Dalam dunia pendidikan di Indonesia, Geologi sendiri terdapat di 2 Fakultas yang berbeda, yaitu Sains dan Teknik, tetapi kebanyakan Geologi di Indonesia merupakan bagian dari Fakultas Teknik. Geologi sendiri dibagi kembali menjadi beberapa bidang, beberapa yang terkenal yaitu Sedimentologi, Petrologi, dan Geologi Struktur.

Sejarah

Kata Geologi pertamakali digunakan oleh Jean-André Deluc pada tahun 1778 dan diperkenalkan sebagai istilah yang baku oleh Horace-Bénédict de Saussure pada tahun 1779, berdasarkan data tersebut, bisa dikatakan bahwa Geologi adalah Ilmu yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Sedangkan pendidikan Geologi di Indonesia pertamakali mulai diperkenalkan oleh Belanda pada tanggal 10 Mei 1938, yang mendirikan lembaga pendidikan darurat yang bernama "Assistent Kursus atau Kursus untuk Asisten Geolog" yang kebanyakan diikuti oleh orang Belanda, dan hanya terdapat 2 orang Indonesia yang mengikutinya sampai selesai, yaitu F. Lasut dan Sunu Sumosusastro, beliau kemudian menjadi salah satu pionir dalam pendidikan Geologi di Indonesia.

Apa Saja yang Dipelajari ?

Sebagai ahli Geologi, kita mempelajari hampir seluruh aspek yang ada di bumi ini, mulai dari bentang alam, proses pengendapan suatu cekungan, proses terbentuknya bumi/benua, teori tektonik lempeng, Gunung api, panas bumi, minyak bumi, batubara, air tanah, fosil yang kemudian dapat digunakan untuk mengetahui umur suatu batuan, hingga belajar mengenai sejarah bumi yang dimulai sejak awal terbentuknya bumi sampai keadaan sekarang.

Karena Geologi pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari mengenai bumi, maka nantinya para geolog atau mahasiswa/siswa yang belajar mengenai ilmu ini akan sering sekali turun ke lapangan, guna mengamati keadaan batuan secara langsung, maka dari itu fisik yang kuat sangat diperlukan untuk menjadi seorang geologist.

Related Posts

Posting Komentar