4 Ciri Lowongan Pekerjaan Palsu di Internet

Posting Komentar

Di zaman sekarang ini di saat kemajuan teknologi sudah berkembang sangat pesat dan membuat segala hal dalam kehidupan semakin mudah dan praktis, melamar pekerjaan bukan lagi sesuatu yang menyusahkan, sekarang kamu bisa menemukan banyak sekali lowongan pekerjaan di internet dan proses penerimaan pegawai baru dapat dilakukan melalui email. Dibalik kemudahan tersebut tentunya memiliki beberapa hal negatif yang dapat dirasakan para pelamar pekerjaan, salah satunya adalah tertipu oleh lowongan pekerjaan palsu, biasanya mereka yang baru lulus/fresh graduate, kebingungan membandingkan antara lowongan pekerjaan yang asli dan palsu, maka dari itu berikut ini Artha Blog akan membagikan penjelasan mengenai ciri lowongan pekerjaan yang palsu.

1. Lowongan pekerjaan yang palsu biasanya menggunakan email dan website tidak resmi

Beberapa dari lowongan pekerjaan palsu biasanya menggunakan email atau website perusahaan yang tidak resmi, kamu harus berhati-hati terhadap lowongan pekerjaan yang menggunakan survey google atau alamat email yang cenderung aneh, kamu bisa mengecek alamat email resmi perusahaan melalui website resmi perusahaan tersebut. Catatan: Beberapa penipu mencoba meniru alamat email resmi perusahaan yang dijadikan sarana penipuan, maka dari itu kalian harus lebih teliti lagi dalam mengecek email resmi perusahaan terkait.

2. Lowongan pekerjaan palsu pasti  meminta bayaran kepada calon pegawai

Ini adalah salah satu ciri utama yang menandakan lowongan pekerjaan tersebut ialah palsu alias bodong ! perusahaan yang asli tidak akan pernah meminta uang/bayaran kepada para calon pegawainya, biasanya para penipu ini menggunakan alasan/trik agen travel, kalian diwajibkan membayar sejumlah uang kepada agen travel perusahaan yang dituju, dengan alasan bahwa kalian wajib menggunakan agen travel tersebut untuk pergi ke lokasi test wawancara.

3. Lowongan pekerjaan yang palsu memiliki banyak sekali lowongan posisi dan tempat penempatan kerja

Walau tidak semua lowongan pekerjaan palsu memili banyak sekali lowongan posisi dan tempat penempatan kerja, kalian juga harus berhati-hati terhadap lowongan jenis ini, hal tersebut dilakukan oleh para penipu agar dapat menjaring korban lebih banyak, yang berasal dari berbagai jurusan dan daerah asal tempat tinggal.

4. Latar belakang perusahaan tidak jelas

Beberapa lowongan palsu biasanya menggunakan nama perusahaan yang tidak jelas asal muasalnya, kalian harus lebih teliti lagi sebelum melamar di suatu perusahaan, ada baiknya kalian mencari tahu latar belakang dari perusahaan terkait, dimana kantor pusatnya, bagaimana status dan perusahaan tersebut bergerak dalam bidang/jasa apa. Jangan sampai kalian melamar ke perusahaan hantu alias gaib !

Related Posts

Posting Komentar