Sejarah Pangea, Benua Kuno Terbesar Dalam Sejarah Bumi

Posting Komentar
Dahulu pada 250 juta tahun yang lalu pada masa Paleozoic hingga Mesozoic dalam skala waktu Geologi, terdapat 1 Benua kuno yang luasnya dikatakan melebihi seluruh benua yang ada sekarang ini, benua ini kemudian dinamakan "Pangea". Nama Pangea berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu pan yang berarti keseluruhan dan gaia yang berarti daratan, hal tersebut dikarenakan pada saat itu, di Bumi hanya ada 1 daratan saja, yaitu Pangea.


Mungkin banyak orang awam yang bertanya, darimana kita tahu bahwa dulu pernah ada 1 Benua kuno super besar yang disebut Pangea? hal tersebut kemudian dijawab oleh seorang ilmuan bernama "Alfred Lothar Wegener" dengan teori apungan benua milik nya. Beberapa hal yang mendasari teori tersebut adalah:

1. Terdapat kesamaan tonjolan (Batas setiap benua di dunia sekarang ini) antara satu dan yang lainnya, jika dibayangkan, seluruh benua yang ada sekarang ini mirip seperti puzzle yang ketika di cocokkan satu dan yang lainnya akan saling menyatu dengan baik.


2. Benua-benua yang ada sekarang ini, terus bergerak saling menjauh antara 1 dan yang lainnya, hal tersebut dikarenakan teori tektonik lempeng yang menyatakan bahwa lempeng bumi terus bergerak aktif, sehingga mengakibatkan daratan yang tadinya saling menyatu menjadi terpisah antara 1 dan yang lainnya. Beberapa contohnya ialah:

  • Samudra Atlantik akan terus menjadi luas dikarenakan benua amerika terus bergerak ke arah barat.
  • Batas dari Samudra Hindia semakin bergeser ke arah utara.
  • Hal yang paling mencolok ialah ada pada kesamaan dari benua amerika dan afrika, kesamaan tersebut ialah ditemukannya fosil hewan/tumbuhan yang sama persis berada di kedua benua tersebut, beberapa ialah fossil Cygnoghatus dan Mesosaurus (Lebih jelasnya ada di gambar no 2), selain fosil hewan, juga terdapat kesamaan fosil tumbuhan dari kedua benua tersebut, dan yang paling mencolok ialah kesamaan jenis batuan antara pantai timur benua amerika dan pantai sebelah barat benua afrika.
Lantas Apakah Dahulu Saat Pangea Muncul Langsung Menjadi Sebuah Daratan Besar ?

Sumber Gambar: Youtube Channel: What If

Jawabannya adalah tidak, nyatanya Pangea juga terbentuk dikarenakan adanya pergerakan lempeng tektonik, yang kemudian membawa daratan-daratan yang ada di bumi untuk membentuk suatu benua baru, yaitu Pangea, tentunya proses tersebut tidak sebentar dan membutuhkan waktu sekitar ratusan juta tahun lamanya. 

Sampai sekarang lempeng tektonik terus bergerak aktif, dan tentunya benua-benua kita juga terus bergerak beberapa cm setiap tahunnya untuk menyatukan atau memisahkan diri, tetapi jangan khawatir, hal tersebut akan membutuhkan waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun lamanya. Setelah membaca penjelasan diatas, dan menyadari bahwa lempeng bumi kita terus bergerak, menurut kamu apakah nantinya akan terbentuk super continent yang baru  ?

Related Posts

Posting Komentar