Kamus Bahasa Jaksel yang Dikutip Dari Beberapa Sumber Terbaik (Update)

Posting Komentar


Seperti yang kalian tahu akhir-akhir ini banyak banget yang bahas masalah Jaksel, mulai dari kulturnya, gaya tongkrongannya, sampai bahasa sehari-hari yang bisa dibilang sangat kekinian dan elite menurut mereka, dan katanya sudah diakui oleh lembaga bersertifikat di Indonesia. 

Mengutip hal yang pernah dikatakan oleh Oza Rangkuti (abang gue, yang kebetulan masih 1 klan) Jaksel itu bukan sekedar masalah lokasi atau geografis, tapi Jaksel itu tentang kultur, men, lu lahir di Jaksel belum tentu lu adalah Jakseler (Jakseler = anak Jaksel, istilah yang baru gue buat) bisa jadi ketika lu lahir di Cirebon tapi lu punya jiwa Jaksel, maka lu bisa dibilang sebagai Jakseler Ori. 

Terus apasih ciri-ciri anak Jaksel Ori menurut lu bang? Sebenarnya di post kali ini gue ga mau bahas panjang-panjang karena gue sendiri bukan Jakseler, tapi gue bakal coba bahas Bahasa Jaksel yang gue kutip dan dapatkan dari sumber-sumber terpercaya baik itu dari media sosial dan dari podcast abang gue, berikut rangkumannya: 

Self Love = Males Diet
AF = Dibaca A Ef, artinya: "Banget"
Anyway = Ngomong-ngomong
Staycation = Zinah dengan sopan
Healing = Males Kerja
Living Together = Kumpul kebo dengan sopan
Flexing = Pamer
Self Proclaim = Ngaku-ngaku
Human Diary = Temen curhat
Self Harm = Nyakitin diri sendiri
Abusive = Nyakitin orang lain aka pacar
Gaslighting = Nyalahin orang lain
Speak up = Nyalahin pemerintah
Over confidence = kepedean
Mainstream = Terlalu sama dengan yang lain aka bikin bosen
Unicorn = Terlalu beda dengan yang lain, harusnya unik tapi yaudahlah
Split Bill = Patungan
Strict Parent = Gaboleh pulang malem sama orangtua
Broken Home = Ga dibolehin bangun siang sama orangtua
Mingle = Berbaur
Blunder = Bikin kesalahan
Problematic = Salah mulu hidupnya
Cancel culture = Bikin kesalahan mulu sampe bikin orang sebel
Down to earth = Rendah hati
Picky = Susah milih pacar (alibi) 
Red Flag = Orang yang susah dipilih jadi pacar
Toxic Productivity = Terlalu maksa orang buat kerja 
Invasion of Privacy = Terlalu banyak nanya
Oversize = Baju longgar aka thrift
Pre life crisis = Stress di zaman ABG
Quarter life crisis = Stress di umur 25 tahun
Mid life crisis = Stress pas tua
Love hate relationship = Sebel tapi doyan

Oke sampai disitu dulu, kalau misalnya ada update bakal gw tambahin, kalau misalnya kalian punya bahasa-bahasa dan istilah lainnya bisa langsung kirim ke kolom komentar, biar nanti kalau lolos quality checking bakal gw masukin ke daftar di atas, sekian terimakasih, jangan lupa selalu down to earth. 

Related Posts

Posting Komentar