Alasan Mengapa Harus Memilih ITERA

Posting Komentar

ITERA atau Institut Teknologi Sumatra adalah salah satu perguruan tinggi negri yang terletak di Provinsi Lampung, tepatnya di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 2014 lalu, ITERA merupakan satu satunya institut teknologi yang ada di Sumatra dan digadang gadang akan menjadi perguruan tinggi yang besar di Lampung dan Indonesia, hal tersebut dikarenakan institut ini secara langsung akan dibina oleh ITB selama 10 tahun. Berdasarkan hal tersebut, inilah alasan mengapa harus memilih ITERA sebagai kampus tujuan kamu:

Ditargetkan Menjadi Perguruan Tinggi Teknik Sebaik ITB

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan menrisdikti pada tahun 2018 lalu yang mengatakan "Kedepan nya saya menargetkan ITERA ini akan menjadi “ITB”nya di sumatera, artinya mutu pendidikan teknik di ITERA nanti harus sebaik di ITB, seperti kita ketahui ITB merupakan sekolah pendidikan teknik terbaik di Indonesia” kebayang ga sih kalau ambisi tersebut terealisasi? kalian yang tinggal di Sumatra dan punya cita-cita untuk kuliah di institut teknik terbaik di Indonesia ga perlu lagi harus jauh-jauh ke Bandung, karena itu pada saat ini ITERA sedang giat-giatnya melakukan pembangunan demi mencapai ambisi tersebut.

Lantas Apa Saja Daftar Jurusan dan Program Studi Yang Sudah Ada ?

Berdasarkan informasi dari website resmi mereka, berikut daftar jurusan dan program studi yang telah siap dimasuki oleh para mahasiswa baru dari seluruh Indonesia:

Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan 

1.Perencanaan Wilayah dan Kota
2.Teknik Sipil
3.Teknik Geomatika
4.Arsitektur
5.Teknik Lingkungan
6.Teknik Kelautan
7.Desain Komunikasi Visual
8.Arsitektur Lanskap
9.Desain Produk*

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri

1Teknik Elektro
2.Teknik Geofisika
3.Teknik Informatika
4.Teknik Mesin
5.Teknik Industri
6.Teknik Geologi
7.Teknik Sistem Energi
8.Teknologi Pangan
9.Teknologi Industri Pertanian
10.Teknik Fisika
11.Teknik Kimia
12.Teknik Biosistem
13.Teknik Material
14.Teknik Telekomunikasi
15.Rekayasa Kehutanan
16.Teknik Pertambangan
17.Teknik Biomedis*

Jurusan Sains

1.Matematika
2.Kimia
3.Farmasi
4.Biologi
5.Fisika
6.Sains Atmosfir Keplanetan
7.Sains Aktuaria
8.Sains Komputasi*
9.Sains Lingkungan Kelautan*

Catatan: * = masih dalam proses

Terletak di Tempat Yang Strategis

ITERA terletak di tempat yang cukup strategis, dengan banyaknya lahan kosong disekitarnya yang siap dibangun, akan membuat institut ini memiliki perencanaan kampus yang matang, ditambah kampus ini terus mendapatkan dukungan dari pemerintah dan juga banyak Universitas di Lampung. 

Perlu diketahui bahwa 2018 lalu, kemenristekdikti menerima dana dari SBSN, yang kemudian dana tersebut digunakan untuk pengembangan 2 Perguruan Tinggi Negeri yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sumatra (ITERA.

Related Posts

Posting Komentar