6 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar Yang Dapat Kamu Coba

Posting Komentar
Di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak bermunculan jenis bisnis dan usaha online yang dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat, khususnya kaum milenial. Orang yang tidak bisa mengikuti arus globalisasi seperti sekarang ini tentunya akan merugi, pasalnya uang yang bisa didapatkan dari merintis bisnis jenis ini lumayan menjanjikan loh, apalagi untuk kalangan pelajar dan kaum milenial, karena bisnis jenis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Penasaran bisnis apa saja yang dimaksud ? mari kita bahas lebih lanjut:


Alasan Bisnis Online Mulai Digandrungi

Bisnis online mulai digandrungi banyak orang karena fleksibilitasnya yang tinggi, bayangkan saja kita bisa melakukan proses jual beli barang atau jasa dari mana saja, tidak seperti usaha pada umumnya yang mewajibkan kita selalu berada di tempat yang sama. Hal tersebut menjadi alasan metode bisnis ini digandrungi kaum milenial karena kita bisa melakukan hal lain sembari menjalankan bisnis tersebut. Selain itu bisnis online juga tidak memerlukan biaya yang besar, karena pada umumnya hanya membutuhkan gadged yang terkoneksi dengan internet dan akun media sosial saja, coba bandingkan dengan bisnis tradisional lainnya yang membutuhkan modal yang cukup besar, karena kita diwajibkan memiliki tempat bisnis tersebut akan dijalankan, salah-salah bukannya untung, justru kita akan merugi karena salah pilih lokasi membuka usaha. 

Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pelajar
  • Blogger
  • Penerjemah & Desain Grafis
  • Reseller
  • Freelance Writer
  • Freelancer
  • Mengadakan Kursus Online
Blogger

Blogger adalah seseorang yang memiliki situs web, biasanya dengan domain .blogspot.com / domain .com dll yang mendapatkan uang dengan cara menampilkan iklan di website yang ia miliki, salah satu contohnya adalah saya sendiri, website ini saya jadikan bisnis online dengan cara menjadi publisher google adsense, yang dimana pendapatan saya bergantung dari seberapa banyak visitor yang berkunjung ke blog atau website saya setiap harinya. Kalau kamu memiliki hobi atau bakat menulis, jenis bisnis seperti ini sangat direkomendasikan untuk kamu, yang dibutuhkan hanya koneksi internet yang aktif, serta kemampuan menulis artikel saja. Selain adsense, tentunya masih banyak jasa iklan di luar sana yang rela memberikanmu uang untuk menampilkan iklan mereka di website kamu.

Penerjemah & Desain Grafis

Kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang umumnya adalah bahasa Inggris, kamu bisa coba jenis bisnis yang satu ini, banyak diluar sana orang-orang yang membutuhkan jasa penerjemah artikel ataupun jurnal dan karya tulis ilmiah, selain itu tak jarang beberapa orang yang saya kenal menjadi penerjemah untuk mereka yang memiliki website dengan bahasa Inggris. Untuk modal yag kamu butuhkan hanya personal branding dan koneksi internet saja, sisanya adalah kemampuan kamu yang berbicara. Untuk harga dari seorang penerjemah bisa sangat beragam, tergantung dari orang itu sendiri ingin mematok harga berapa, saya sendiri pernah menggunakan jasa mereka dan membayar sekitar 50rb rupiah untuk 3 jurnal yang akan saya terjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk desain grafis juga tidak kalah saing dengan penerjemah, yang kalian butuhkan hanyalah gadget tingkat menengah yang kompatibel dan nyaman digunakan untuk melakukan desain grafis, serta koneksi internet saja. Selain itu nilai dari sebuah desain yang berhasil kalian buat dapat dihargai sangat mahal loh, tergantung dari seberapa bagus portofolio kalian, maka dari itu teruslah berlatih dan tingkatkan personal branding kalian.

Reseller

Reseller adalah kegiatan menjual barang milik orang lain, kalau kalian memiliki kenalan yang punya bisnis jaket parka, kalian bisa bekerja sama dengan teman kalian dengan melakukan kesepakatan untuk menjadi reseller, biasanya harga yang kalian dapatkan sebagai reseller jauh lebih murah dibanding membeli seperti biasa. Contohnya teman kalian menjual jaket tersebut dengan harga 120rb, kemudian kamu bisa menjual barang tersebut dengan harga 130-150rb rupiah ke oranglain, tergantung dari seberapa banyak keuntungan yang kalian inginkan, tentunya kalian mendapatkan untung sekitar 20rban tanpa modal sedikitpun. Yang kalian butuhkan hanyalah akun media sosial yang khusus menjual produk reseller tersebut (Toko Online).

Freelance Writer

Freelance Writer atau penulis lepas adalah orang-orang yang membuka jasa penulisan artikel yang kemudian tulisan hasil karya mereka dibeli oleh orang lain dengan harga yang disepakati, biasanya jenis usaha ini sering dipadukan dengan kegiatan sebagai blogger, seorang blogger dengan kemampuan menulis yang lumayan kerap menjual jasa penulisan artikel bagi siapa saja yang ingin memesan untuk ditampilkan di website mereka, akan tetapi perlu diketahui sebelum melakukan bisnis tipe ini, pastikan tulisan yang kalian buat adalah 100% hasil tulisan kalian sendiri, serta bebas dari tindak plagiarisme. Biasanya artikel yang dibutuhkan adalah artikel dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, artikel dengan Bahasa Inggris biasanya lebih mahal dibanding artikel Bahasa Indonesia, sedangkan untuk penjualannya dihitung dari seberapa banyak kata yang dituliskan di artikel tersebut, biasanya artikel yang dijual memiliki minimal 300 kata di dalamnya.

Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas adalah oarang-orang yang bersedia melakukan permintaan apapun yang dapat dilakukan, bisanya seperti mengerjakan tugas sekolah / kuliah, hingga kegiatan lainnya seperti melakukan design dan optimasi website atau blog, bahkan kerap kali mereka dapat permintaan untuk memasarkan suatu produk via online. Modal yang dibutuhkan untuk bekerja sebagai freelancer adalah skill yang kalian punya, entah itu hebat dalam berbahasa asing hingga pandai dalam menulis dan melakukan optimasi pada website.

Mengadakan Kursus Online

Apa kamu punya kelebihan dan pandai mengajarkannya kepada orang lain? kalau iya, jenis bisnis yang satu ini harus kalian coba. Yang dibutuhkan dalam bisnis ini hanyalah koneksi internet dan kemampuan kalian dalam mengajar oranglain, kalian bisa mulai melakukan tawaran di akun media sosial kalian mengenai suatu hal, contohnya adalah belajar menulis secara online, setelah itu kalian bisa membimbing orang-orang yang tertarik dan mendapatkan bayaran dari situ. Mungkin terdengar simpel, tapi kalian harus memastikan memiliki tanggung jawab untuk mentransfer ilmu yang kalian punya ke orang yang membeli jasa kalian.

Related Posts

Posting Komentar