Ayo Maksimalkan HP Kentang Android Dengan Cara Ini

Posting Komentar
Hand Phone dengan spek yang rendah atau biasa kita sebut HP Kentang tentunya sangat menyulitkan dan sangat menggangu sekali bagi mereka yang memakainya, apalagi jika gawai tersebut digunakan untuk bermain game dan kegiatan lainnya yang membutuhkan kinerja HP yang baik. Sebenarnya kebanyakan dari orang-orang yang memutuskan untuk bertahan memakai HP jenis ini memiliki beberapa alasan tersendiri, salah satunya karena alasan ekonomi, untuk membeli HP dengan spek terbaru atau spek tinggi membutuhkan dana yang tidak sedikit, dan itu sulit dijangkau bagi kalangan menengah kebawah. Karena alasan tersebut, kali ini saya akan membagikan ke kalian tips mudah untuk memaksimalkan kinerja HP kentang:


1. Hapus Aplikasi-Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar

Aplikasi yang berjalan dibelakang layar akan membuat kinerja HP kamu semakin lambat, karena aplikasi seperti ini memakan RAM yang cukup besar sehingga membuat HP jadi cepat panas, salah satu cara mudah untuk menghilangkan masalah ini adalah dengan menghapus aplikasi tersebut,  mulai sekarang katakan selamat tinggal kepada aplikasi-aplikasi seperti antivirus, jam digital yang diinstal dari playstore, dll yang berjalan dibelakang layar, jujur saja, aplikasi seperti antivirus tidak terlalu penting di smartphone kamu. Selain itu hapus juga aplikasi yang sudah lama tidak kalian pakai dan hanya memenuhi memori internal, karena ketika memori internal penuh, akan berefek kepada melambatnya performa smartphone.

2. Logout Akun Social Media yang Jarang Kamu Gunakan

Aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter akan memberikan notifikasi otomatis ketika ada pemberitahuan atau pesan yang masuk ke akun sosmed kamu, tentunya hal ini akan memperlambat kinerja HP kentang kamu karena aplikasi tersebut secara tidak langsung berjalan di belakang layar, saran saya ketika kamu selesai menggunakan akun-akun sosmed, segeralah logout agar aplikasi tersebut tidak berjalan dibelakang layar untuk memberikan notifikasi secara realtime ke HP mu.

3. Hapus Cache Semua Aplikasi

Cache adalah file sampah yang biasanya tertinggal di aplikasi seperti browser dan social media, cache berfungsi untuk menyimpan data gambar atau foto yang sudah kamu load agar nantinya tidak memakan waktu lama atau dilakukan load ulang ketika kamu membuka aplikasi tersebut kembali, data jenis ini akan membuat sesak memori internal HP kamu, serta mengakibatkan melambatnya performa gawai, beberapa aplikasi yang saya sarankan untuk dihapus cache nya secara teratur adalah Google Chrome, Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. Untuk menghapus cache dari aplikasi tersebut, masuklah ke pengaturan-pengaturan aplikasi-pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache nya - dan klik hapus cache, perlu diingat, beberapa jenis handphone memiliki metode yang berbeda dalam hal menghapus cache aplikasi.

4.Hindari Bermain Sambil Melakukan Charging

Saat charging, beberapa jenis HP kentang biasanya memiliki masalah utama yaitu meningkatnya suhu handphone tersebut, ketika suhu HP kamu tinggi, akan berefek kepada melambatnya kinerja dari gawai kamu, saran saya jangan memperparah kinerja HP kamu dengan memainkannya sambil melakukan charging, pakailah HP hanya ketika tidak dalam kondisi charging atau di cas, hal tersebut bisa saja merusak HP dan membuat hati kesal karena performa gawai yang sangat lambat.

Sekian tips simple dari saya, mudah-mudahan 4 tips tersebut dapat bermanfaat dan bisa sedikit membantu permasalahan Smartphone kalian yang performanya sedikit lambat. Perlu diketahui terkadang umur HP juga dapat menentukan performa Smatphone kita, HP yang tua umumnya kinerjanya akan semakin melambat.

Related Posts

Posting Komentar