4 Hal Yang Wajib Dilakukan Mahasiswa

Posting Komentar
Saat menjadi Mahasiswa banyak dari kita sedikit kebingungan dalam hal menghabiskan waktu kosong, kebanyakan orang lebih memilih untuk bermain atau sekedar tidur di kosan, bahkan ada juga yang memilih untuk pulang kampung setiap minggu. Menurut saya waktu-waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat, contohnya belajar, ikut organisasi ataupun merintis usaha kecil-kecilan, dengan begitu masa perkuliahan akan dipenuhi memori indah dan hal bermanfaat. Berikut ini Berunik.com akan membahas hal-hal yang wajib dilakukan saat masih berstatus mahasiswa.


1. Belajar

Belajar adalah kewajiban utama mahasiswa, karena tujuan utama kuliah adalah untuk belajar. Kegiatan ini tentunya sangat penting mengingat kamu memiliki tanggung jawab terhadap kampus, orangtua dan diri kamu sendiri, jangan sampai kamu malas belajar dan mengakibatkan tidak lulus suatu mata kuliah. Kalian dapat menyisihkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk sekedar membaca atau mengingat materi yang telah disampaikan oleh dosen, selain itu kalian juga bisa mencari bahan bacaan baru sesuai dengan minat atau hobi.

2. Ikut Organisasi Atau Ekstrakulikuler Sesuai Minat dan Bakat

Organisasi dapat membantu dalam mengasah soft skill serta memperbanyak jaringan, akan tetapi ikut organisasi bukanlah suatu hal yang wajib dilakukan. Jika kalian tidak mau repot berorganisasi, kalian bisa mengikuti kelompok atau perkumpulan hobi yang kalian sukai, selain mencari kesenangan di waktu luang, kalian juga bisa memperluas jaringan pertemanan dan siapa tahu bisa membuka usaha dari hobi yang digeluti.

3. Cari Kenalan Sebanyak Mungkin

Mencari kenalan atau memperluas jaringan ini ada hubungannya dengan point nomor 2, hal ini sangat penting karena ketika lulus dari kampus nanti, jaringan yang kalian miliki akan berperan besar dalam proses mencari pekerjaan atau dalam merintis usaha. 

Mereka bisa menawarkan pekerjaan ataupun dapat membantu dalam hal promosi dan memberi nasihat dalam bisnis. Carilah kenalan yang dapat memberikan pengaruh positif ke diri sendiri, kenalan yang membawa pengaruh negatif biasanya hanya membawa hal-hal buruk dan menyusahkan hidup kalian, jadi sebisa mungkin jangan terlalu dekat dengan tipe orang seperti itu.

4. Mencoba Merintis Usaha

Lakukan hal ini setelah menjalankan point nomor 2 dan 3 untuk memperlancar proses dalam merintis usaha. Tentunya membuka usaha adalah salah satu hal yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengisi waktu luang, dengan memanfaatkan pengetahuan tentang hobi yang dimiliki atau riset yang telah dilakukan, kalian bisa mencoba belajar membuka bisnis dan meminta pertolongan teman-teman dalam hal promosi ataupun memberi nasihat, bisnis yang dijalankan tentunya tidak serta merta berhasil, selalu ada pelajaran penting ketika mengalami sebuah kegagalan, namanya juga belajar.

Sekian pembahasan singkat mengenai 4 hal yang wajib dilakukan mahasiswa, perlu diingat hal diatas adalah opini pribadi dari penulis, kalian dapat memutuskan untuk mengikutinya atau tidak, karena pilihan itu ada pada diri masing-masing. 

Related Posts

Posting Komentar