Cara Memperbesar Suara Video di Adobe Premiere Pro Menggunakan Audio Gain

Posting Komentar
Adobe Premiere Pro adalah aplikasi editing video yang paling sering digunakan banyak orang, aplikasi ini memungkinkan kita melakukan kegiatan editing seperti memotong video, menyatukan video, memberi efek warna, memberi caption, dan juga mengedit sound atau suara dalam video.

Terkadang, terjadi beberapa masalah yang dialami oleh editor, salah satunya yaitu suara video yang terlalu kecil, hal ini terjadi umumnya karena kesalahan pada proses perekaman, suara yang direkam tidak terdengar jelas sehingga saat proses editing dilakukan, suara yang keluar sangat kecil, padahal kita sudah memaksimalkan volume laptop/PC.

Berdasarkan permasalahan tersebut, berikut ini Artha Blog akan membagikan cara memperbesar sound video menggunakan menu atau tools yang ada di adobe premiere pro.

Menggunakan Audio Gain

Audio gain adalah salah satu menu yang dihadirkan oleh adobe premiere pro, menu ini memungkinkan kita menaikkan volume video yang ada dengan ukuran/tingkatan desibel (dB), berikut ini adalah cara menggunakan menu tersebut:
  • Buka adobe premiere pro dan import video yang mau kamu edit
  • Setelah itu klik kanan pada bagian sound di timeline windows

  • Pilih menu audio gain

  • Pada bagian adjust gain by, isi berapa nilai desibel sound video yang mau diperbesar, saran saya adalah isi 10 desibel saja, kalau dirasa masih kurang, tambahkan lagi 5 desibel, dan seterusnya.


  • Setelah itu klik ok dan suara video kalian sudah berhasil diperbesar


Cara diatas dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, akan tetapi jika kalian memperbesar suara terlalu tinggi (lebih dari 20 desibel), suara yang dihasilkan akan menjadi pecah atau rusak, maka dari itu usahakan tidak melewati angka 20 ya.

Related Posts

Posting Komentar