Alasan Kenapa Harus Kuliah di UNSRI (Universitas Sriwijaya)

Posting Komentar
Saat ini banyak anak-anak yang baru lulus SMA dan bingung mau kuliah di jurusan dan di universitas mana, jangankan memilih jurusan, bahkan beberapa masih belum tau Universitas apa yang akan dipilih, nah jika kalian tinggal di Pulau Sumatera, khususnya daerah Sumatera Selatan dan sekitarnya, ada baiknya kalian memilih UNSRI sebagai destinasi utama, karena Universitas Sriwijaya digadang-gadang adalah kampus terbaik di Sumsel.


Banyak yang bertanya-tanya, kok bisa UNSRI menjadi destinasi favorit para pelajar di Sumatera Selatan? itu karena UNSRI sendiri memiliki banyak keunggulan dalam hal akademik dan non akademik, penasaran ? yuk kita simak beberapa fakta menarik dibawah ini !

1. Kampusnya Luas !

Pengen merasakan kuliah di kampus yang keren dan luas? kalau kamu memilih UNSRI, berarti pilihan kamu sangat tepat. UNSRI mempunyai luas lahan sebesar 700 hektar dan merupakan kampus terluas di Asia Tenggara, ga kebayang kalau kamu berniat jalan kaki dan tersesat di dalamnya. Kamu juga bisa merasakan sensasi tinggal di dalam kampus yang luas karena UNSRI sendiri punya asrama, apartemen dan rumah susun yang siap dihuni oleh mahasiswanya. 

Untuk rumah susun sayangnya hanya dikhususkan untuk mahasiswa bidik misi saja, sedangkan untuk apartemen bisa dipakai oleh seluruh mahasiswa, dengan biaya sekitar 300-500rb perbulannya, lumayan murah kan. Selain itu dengan tinggal di dalam kampus dapat memudahkan kamu untuk kuliah, karena tidak memakan waktu yang lama untuk sampai ditempat perkuliahan, praktis gais.

2. Dikenal Sebagai Kampus Terbaik di Sumatera Selatan

UNSRI sejak dulu sudah menjadi primadona bagi mereka yang tinggal di Sumatera Selatan dan Lampung, karena kampus ini memiliki tingkat akreditasi yang baik (A), dan sudah banyak alumni-alumni yang telah sukses di dunia kerja. Selain itu banyak jurusan di UNSRI yang sudah memiliki akreditasi A loh, contohnya adalah Teknik Kimia, dan Ilmu Hukum UNSRI yang sudah dikenal di mana-mana.

Kampus ini juga memiliki banyak program beasiswa, seperti beasiswa PPA dan beasiswa BBM dari internal kampus, serta beasiswa dari luar kampus seperti beasiswa BCA, beasiswa BI, dan beasiswa aktivis nusantara. Selain itu UNSRI juga turut berkecimpung dalam dunia pendidikan dengan merilis banyak jurnal dan paper ilmiah yang terakreditasi nasional dan internasional, bahkan ada jurusan yang mewajibkan mahasiswanya untuk mempublish paper/jurnal ilmiah hasil penelitiannya sebagai syarat kelulusan loh, jadi untuk dapat lulus dari UNSRI mahasiswanya harus memiliki bibit bebet dan bobot yang baik.

UNSRI juga memiliki banyak kerjasama dengan instansi-instansi yang berada di dalam dan luar negeri, hal tersebut membuat UNSRI memiliki jaringan yang luas, yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswanya dalam kegiatan organisasi, mencari kerja, atau sekedar menjalin relasi. 

3. Punya 2 Kampus Utama dan 3 Kampus Lainnya

Kuliah di UNSRI membuat kamu punya 5 kampus utama loh, akan tetapi pada umumnya kamu hanya akan berkuliah di 1 lokasi saja, dan tidak jarang di 2 lokasi. Penasaran ? berikut ini daftar kampusnya:
  • Kampus Indralaya (Utama), kampus ini adalah kampus utama, karena merupakan tempat perkuliahan secara umum, dan pusat kegiatan administrasi dan kelembagaan, selain itu kegiatan yudisium dan wisuda juga dilakukan di kampus utama ini. Kampus utama inilah yang memiliki luas 700 hektar dan digadang-gadang merupakan yang terluas di Asia Tenggara. Umumnya mahasiswa yang kuliah di sini adalah mereka yang lulus jalur SBMPTN dan SNMPTN.
  • Kampus Palembang / Bukit Besar (Utama), kampus Palembang juga merupakan kampus utama, karena mahasiswa yang lulus dari jalur Mandiri biasanya ditempatkan di kampus ini. Dengan luas 30an hektar, kampus ini adalah pusat perkuliahan program D3, D4, S1, S2, dan S3. 
  • Kampus Fakultas Kedokteran di Kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH), dari namanya sendiri sudah dapat diketahui kalau kampus ini khusus untuk anak-anak Fakultas Kedokteran, saya sendiri selama kuliah belum pernah mampir ke kampus ini.
  • Kampus FKIP di Jalan Srijaya KM. 5,5 Palembang, kampus ini dikhususkan untuk anak-anak FKIP.
  • Kampus Pascasarjana di Jalan Padang Selasa Bukit Besar Palembang, kampus ini dikhususkan untuk program perkuliahan anak-anak S2, dan biasanya sebagai tempat dilaksanakannya seminar-seminar nasional yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa
4. Biaya Hidup di UNSRI Sangat Murah

Sebagai mahasiswa yang merantau, tentunya biaya hidup menjadi salah satu alasan utama dalam memilih tempat menuntut ilmu, kabar baik bagi kalian yang berencana memilih UNSRI, karena di sini biaya hidup sangat murah, untuk nasi ayam dengan sayur full hanya dibandrol sekitar Rp.10.000 saja, sedangkan untuk makanan lain bervariasi, dan Rp.10.000 adalah biaya normal untuk sekali makan di kampus Indralaya.

Selain makan, kost atau kontrakan adalah salah satu kebutuhan utama mahasiswa rantau, biaya kost pertahunnya di kampus utama Indralaya sekitar 3-8 juta perbulan, cukup murah bukan, dan kalian bisa memilih tempat tinggal sesuai dengan tingkat ekonomi kalian ya guys, untuk yang 8jt perbulan biasanya sudah dilengkap dengan AC di dalamnya, serta berbagai fasilitas lain yang dapat memanjakan kalian.


Sekian pembahasan mengenai alasan kenapa harus kuliah di UNSRI, semoga pembahasan diatas dapat memantapkan hati kalian untuk memilih UNSRI sebagai kampus idaman kalian, kalau ada tambahan lainnya silahkan dicantumkan di kolom komentar.

Related Posts

Posting Komentar