Suka Duka Kuliah di FASILKOM (Fakultas Ilmu Komputer)

Posting Komentar
Banyak orang beranggapan kalau kuliah di FASILKOM itu seru, fakultasnya para gamers dan kaum rebahan yang hobi pegang laptop, tapi apakah anggapan itu benar ? nyatanya kuliah di bidang IT itu susah-susah gampang loh, banyak kendala yang dialami saat perkuliahan, belum lagi anggapan tetangga yang mengira lulusan IT itu calon tukang servis barang elektronik yang makin menambah beban anak-anak IT. Sebelum memilih jurusan IT sebagai tujuan kamu, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu suka duka kuliah di bidang IT, sehingga nantinya kamu tidak merasa salah jurusan ya guys ! Kita mulai dari suka terlebih dahulu.


Banyak Ilmu Baru

Kuliah di bidang IT akan memaksamu mendapatkan banyak ilmu baru, mulai dari pemahaman betapa pentingnya privacy seseorang di internet, cara memproteksi data pribadimu, hingga teknik bongkar laptop / barang elektronik sampai ke akar akarnya. Selain itu kuliah di bidang IT akan memaksa kamu melek terhadap teknologi masa kini, yang tentunya tidak akan kamu dapatkan di jurusan lain.

Dosennya Supel dan Unik

Anak-anak IT itu kebanyakan supel dan unik, hobi main game dan otak atik komputer, jadi wajar saja kalau dosennya juga kebanyakan seperti itu, kamu akan lebih sering ketemu dosen yang pengetahuan teknologinya melebihi kamu yang masih muda, bahkan ga jarang dosen IT juga hobi main game loh, mereka juga lebih easy going saat diajak diskusi, mirip anak muda gitu deh.

Banyak Perusahaan yang Mencari Lulusan FASILKOM

Sekarang ini banyak perusahaan yang mencari lulusan FASILKOM, terlebih lagi perusahaan yang menggunakan internet atau ecommerce sebagai ladang bisnis mereka. Banyak Perusahaan sangat membutuhkan orang yang bisa mengamankan server atau data pribadi pelanggan, karena urusan privacy itu sangat sensitif dan penting. Selain urusan privacy, anak IT juga sering diminta untuk membuat website perusahaan dan mengelolanya sesuai kebutuhan, bahkan ada perusahaan yang membutuhkan anak IT untuk berperan dalam pembuatan aplikasi atau game.

Lulusan FASILKOM Kerjanya Fleksibel

Anak-anak IT dapat bekerja dari jarak jauh, karena pada umumnya pekerjaan mereka berkutat dalam hal codingan / software yang tidak membutuhkan pertemuan langsung dengan mitra kerja lainnya, sehingga dalam pekerjaan mereka bisa lebih fleksibel dan santai. Hal tersebut berbanding terbalik dengan pekerjaan di bidang lainnya yang menuntut kamu untuk harus hadir di lapangan, dan menghabiskan cukup banyak tenaga dan waktu.

Banyak yang beranggapan anak IT itu Pintar

Anak IT itu tidak lepas dari yang namanya matematika, fisika, dan kalkulus, belum lagi masalah coding, jurusan ini juga memiliki tingkat drop out yang tinggi di kalangan kampus, sehingga banyak orang yang beranggapan kalau kuliah di FASILKOM atau bidang IT itu hanya dilakukan oleh anak-anak yang pintar dan melek teknologi. 


Setelah kita membahas beberapa hal positif saat kuliah di FASILKOM atau bidang IT, sekarang kita akan mulai membahas apa saja duka kuliah di bidang ini, karena segala sesuatunya harus seimbang antara suka dan duka, sehingga nantinya kamu bisa mempertimbangkan apakah akan memilih bidang IT atau tidak sebagai jurusan pilihanmu. Duka kuliah di FASILKOM adalah sebagai berikut:

Sering Diminta Servis Barang Elektronik yang Rusak

Banyak orang awam beranggapan kuliah di FASILKOM itu membuatmu bisa servis barang elektronik, mulai dari wifi, modem, AC, komputer, bahkan TV dan juga mesin cuci. Kamu harus siap sedia dan tahan emosi ketika dipanggil atau diminta tolong dengan anggapan seperti itu, yang lebih mengesalkan lagi, ketika kamu bilang tidak bisa, mereka umumnya akan bilang "ah masak anak komputer ga bisa servis komputer, percuma kuliah jauh-jauh" ngeselin kan ?

Ga Bisa Ketinggalan Teknologi

Anak IT itu wajib paham dan tau teknologi-teknologi terbaru, mulai dari barang elektronik sampai berita teknologi dunia. Selain itu anak IT juga harus siap sedia tutup kuping ketika ada banyak temanmu yang bertanya mengenai hal yang berhubungan dengan teknologi, "mas, ini kira-kira laptop model ini worth it ga ya?" "mas laptop saya ini udah model terbaru apa belum?" "mas kalau mau pasang wifi pilih modem yang jenis apa?"

Kuliah di Bidang IT itu Sangat Berat

Kuliah di jurusan IT terasa sangat berat kalau itu bukan passionmu, di sini kamu butuh belajar berkali kali lipat dan memakan waktu yang lama, bahkan ketika kamu tidak punya basic atau ilmu dasar mengenai coding sebelumnya, kamu akan menjelma menjadi anak ayam tanpa induknya di jurusan ini. Mungkin ada sebagian yang beranggapan "ah aku kan bisa nanya ke yang lain", tapi apakah kamu yakin yang lain mau menuruti permintaanmu ? ditambah anak IT itu terkenal dengan keegoisannya masing-masing, sangat jarang mereka mau mengeluarkan banyak waktu untuk orang lain.

Dikira Wibu / Fakultas Penuh Wibu

Kuliah di FASILKOM membuatmu banyak bertemu dengan wibu-wibu kampus, mulai dari wibu tingkat rendah sampai wibu hardcore, tidak jarang mereka ribut dan berantem masalah waifu sampai spam di group chat kelas, selain itu kamu juga punya kemungkinan untuk bertransformasi jadi wibu. Di fakultas ini banyak bersliweran mahasiswa yang hobi nonton anime dan bergerombol, jadi bagi kalian yang ga suka dengan hal-hal yang seperti ini, bisa di fikirkan matang-matang apakah mau mengambil jurusan di fakultas ini atau tidak.

Wajib Bisa Bahasa Inggris

Materi di bidang IT umumnya berbahasa inggris, selain itu untuk dapat lulus di jurusan ini, kalian wajib memiliki skor TOEFL yang diadakan kampus dengan minimal nilai 500, nilai tersebut sama seperti skor TOEFL yang wajib di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, sangat tinggi dibandingkan fakultas dan jurusan lainnya, tidak jarang hal tersebut menjadi penghambat kelulusan loh. Jadi kalau kalian berminat kuliah di bidang IT, mulai sekarang wajib rajin belajar bahasa inggris.

Harus Punya Laptop Spek Tinggi

Anak IT wajib punya laptop spek tinggi yang harganya lumayan mahal, karena nantinya laptop tersebut akan menunjang seluruh kebutuhan kamu saat kuliah, mulai dari melakukan coding, hingga menjalankan banyak aplikasi berat yang membutuhkan spek yang tinggi. Jangan pernah berfikiran untuk kuliah di FASILKOM dengan hanya bermodalkan notebook spek rendah-sedang, karena nantinya kalian akan kewalahan dan tidak bisa mengikuti jalan perkuliahan dengan baik dan benar.

Banyak Tugas

Banyaknya tugas anak IT sebenarnya hampir sama dengan jurusan-jurusan lain yang terkenal banyak tugas, nantinya kalian harus siap dengan tugas tanpa henti yang diberikan oleh dosen. Beberapa tugas bahkan sangat sulit dikerjakan karena yang namanya coding itu tidak semudah yang dibayangkan, apalagi ketika kalian tidak punya passion dalam bidang tersebut, wah makin berat dong.

Setelah mengetahui suka duka kuliah di FASILKOM diatas, apakah sekarang kalian berubah fikiran atau makin semangat untuk masuk ke jurusan ini ? baiknya kalian fikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk kuliah di bidang IT atau tidak. Untuk kalian yang sudah terlanjur kuliah di FASILKOM, apakah hal-hal yang disebutkan diatas sesuai dengan realita yang kamu rasakan sekarang ?

Related Posts

Posting Komentar