Cara Mengatasi Sitemap Couldn't fetch di Google Search Console

1 komentar
Pertanyaan mengenai cara mengatasi error saat submit sitemap di Google Search Console atau Google Webmaster sudah sering kali ditanyakan oleh banyak blogger pemula, hal tersebut berbanding terbalik jika melihat beberapa dari mereka masih kebingungan dan tidak mendapatkan solusi sama sekali setelah menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer. Maka dari itu saya kan membagikan sedikit pengalaman saya dalam mengatasi masalah ini.

Kebetulan beberapa hari ini saya baru saja upgrade domain dari blogspot ke domain TLD atau Top Level Domain, yaitu domain yang memiliki akhiran .com .club .my.id dll. Seperti biasa setelah saya berhasil mengganti domain situs, saya langsung mendaftarkannya ke Google Search Console, dengan harapan domain dan website baru saya bisa cepat di indeks oleh google. Namun harapan tetaplah harapan, nyatanya saya justru mengalami error saat melakukan submite sitemap !


Bisa dilihat pada gambar diatas, terdapat informasi "Couldn't fetch" di menu sitemap, awalnya saya tentu panik dan berfikir "apakah terjadi kesalahan saat melakukan setting ke domain yang baru? lalu apa nantinya domain saya ini tidak akan bisa di indeks oleh google" ternyata jawabannya sangat simple, yaitu sabar.

Tips nya adalah sabar

Inti dari masalah kalian hanyalah kesabaran saja, jika kalian mengalami error seperti yang saya alami dengan informasi "Couldn't Fetch", maka sebenarnya website kamu sedang menunggu antrian untuk di crawl oleh bot google, yaitu google spider, yang membutuhkan waktu yang sedikit lama dari biasanya, karena google spider sendiri bertugas untuk melakukan indeks terhadap jutaan artikel atau website setiap harinya. Saya sendiri membutuhkan waktu 2x24 jam agar website saya terindeks oleh google, itupun yang terindeks hanya beberapa artikel saja dari ratusan artikel yang seharusnya terindeks.


Gambar diatas sudah cukup menjelaskan, dari beberapa sitemap yang saya submit setelah 2x24 jam masih terdapat 2 yang masih pending dan menunggu antrian, tentunya menurut informasi yang saya dapatkan, dibutuhkan setidaknya 1-2 bulan agar website dan domain baru terindeks sepenuhnya di Google Search Console / Webmaster, makin banyak artikel yang kalian punya, maka ada kemungkinan membutuhkan lebih dari 2 bulan.

Tentunya tips yang saya bagikan diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya, wajar bagi seorang blogger pemula seperti saya untuk merasa gelisah ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk tips yang lainnya adalah kamu bisa melakukan ping secara manual ke server google, yaitu dengan cara mengetik alamat:
https://www(dot)google(dot)com/ping?sitemap=https://NamaWebsiteKamu.com/sitemap.xml 
"NamaWebsiteKamu" diganti dengan alamat domain yang ingin kamu crawl, setelah itu kamu bisa menunggu maksimal 5x24 jam untuk mengecek kembali apakah website kamu sudah terindeks di google, dengan mengetik site:NamaWebKamu . com di kolom pencarian google.

Related Posts

1 komentar

  1. Oh berarti memang normal ya kalau buat situs baru muncul error begitu, soalnya saya juga liat tulisan merah error di search console. Tapi sudah coba cek pakai sitemap validator ga ada masalah

    BalasHapus

Posting Komentar