Cara memperluas Memori Handphone Xiaomi Dengan Menghapus File Lainnya

Posting Komentar
Memory internal Handphone penuh adalah momok bagi setiap orang, bayangkan ketika kamu ingin mendownload sebuah aplikasi baik itu sosial media ataupun sebuah games, dan mendapatkan notifikasi bahwa hal itu tidak dapat dilakukan karena tidak ada ruang tersisa di memori internal handphone, sebagai orang yang pernah mengalaminya, tentu hal tersebut sangat membuat jengkel.

Kemudian karena penasaran dan melakukan pengecekan tentang informasi penyimpanan handphone, yang terjadi adalah memori internal kalian ternyata penuh oleh "file lainnya", walau sudah mencoba melakukan pembersihan berkali-kali, tetap saja data file lainnya tersebut tidak berkurang sedikitpun. Lantas apa sebenarnya "file lainnya" itu ?


Menurut pengetahuan saya, file lainnya di Handphone Xiaomi adalah kumpulan file yang umumnya disimpan di dalam cloud oleh MIUI, di dalamnya tersimpan cache dari data-data yang pernah kita buka, akan tetapi ada beberapa kasus bahwa bekas file ROM yang gagal di download, ataupun bekas file aplikasi yang gagal di download serta thumbnail dari seluruh gambar yang pernah kalian lihat, disimpan sebagai "file lainnya" di dalam cloud MIUI, hal tersebutlah yang membuat bengkaknya data penyimpanan. Untuk memperkecil ukuran file lainnya ini dapat dilakukan dalam 2 cara, yaitu:

Lakukan Pembersihan Menggunakan Aplikasi yang Disediakan Xiaomi

Pembersihan dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu Pengaturan-Penyimpanan, pada menu penyimpanan ini kita bisa melihat berapa banyak memori handphone kita yang tersisa, serta informasi mengenai berapa banyak memori yang dipakai untuk aplikasi, foto/video, audio, serta data dalam cache dan file lainnya.


Setelah itu klik tulisan pembersih yang ada dimenu paling bawah, lalu tunggu dan lihat berapa banyak cache dan file sampah yang berhasil dihapus. Perlu diingat bahwa cara pertama ini hanya menghapus cache saja, untuk tutorial secara visualnya dapat dilihat pada gambar yang saya lampirkan.

Hapus Folder Cloud yang Mempersempit Memori Internal

Untuk menghapus folder cloud yang membuat sesak memori internal, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka "file explorer", lalu merubah pengaturan handphone untuk memperlihatkan seluruh file tersembunyi, hal tersebut karena folder cloud atau MIUI umumnya adalah file yang di hide. Cara memunculkannya dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


Setelah menampilkan file-file yang terhide atau disembunyikan, langkah selanjutnya adalah menuju folder tempat penyimpanan cloud berada, sebelum itu perlu diketahui bahwa langkah ini mungkin saja dapat menghapus file ROM dari beberapa games kalian yang mempunyai size yang cukup besar, maka dari itu sebelum melakukan cara ini baiknya difirkan terlebih dahulu secara matang.

Jika kalian tidak masalah dengan konsekuensi tersebut, silahkan masuk ke folder penyimpanan internal, lalu cari folder yang bernama MIUI, setelah itu masuk ke folder Galeri, nah di dalam folder Galeri ini kalian dapat melihat lokasi folder Cloud berada, sebelum menghapus coba lakukan pemeriksaan size folder terlebih dahulu, hal ini untuk mengetahui berapa sebenarnya ukuran dari folder cloud tersebut. Jika sudah diketahui dan yakin, silahkan hapus folder tersebut, lalu lakukan pembersihan seperti tahap pertama satu kali lagi, setelah itu cek berapa banyak space yang kalian dapatkan setelah melakukan tips diatas.

Perlu diingat bahwa cara ini tidak serta merta 100% bisa berhasil menghapus seluruh "file lainnya", akan tetapi menurut pengalaman saya yang telah melakukan tips ini beberapa kali di banyak ponsel yang berbeda memiliki tingkat keberhasilannya yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 60%, maka dari itu tidak ada salahnya untuk kalian mencoba tips-tips diatas.

Related Posts

Posting Komentar