Aplikasi Video Call Terbaik Untuk Belajar dan Bekerja di Rumah

Posting Komentar
Di tengah serangan wabah pada saat ini, hampir seluruh aktivitas dijalankan di dalam rumah untuk meminimalisir  dampak dari wabah, maka dari itu banyak sekolah, universitas, dan perusahaan yang mewajibkan murid dan karyawannya untuk belajar dan bekerja dari dalam rumah, istilah kerennya adalah work from home. Karena itu disini saya akan membahas mengenai beberapa aplikasi video call yang biasa digunakan oleh sekolah dan perusahaan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari mereka dari rumah, berikut ini daftarnya:

1. Microsoft Teams
Microsoft Teams adalah aplikasi video call yang biasa digunakan oleh banyak perusahaan besar serta universitas untuk menjalankan rapat dan perkuliahan online, kelebihan dari Microsoft Teams adalah kita tidak memerlukan akun untuk dapat masuk ke dalam classroom atau ruang rapat yang telah disediakan pihak perusahaan dan universitas. Yang diperlukan hanya 1 link classrooms yang di share oleh 1 orang, lalu sisanya tinggal mengklik link tersebut dan masuk sebagai tamu (guest), walaupun masuk sebagai tamu (tanpa membuat akun), kita juga dapat menuliskan nama lengkap kita, sehingga pemilik ruangan akan tetap dapat mengenali kita.

2. Zoom Cloud Meetings
Zoom Clod Meetings adalah aplikasi video call untuk banyak orang yang hampir mirip dengan Microsoft Teams, selain itu aplikasi ini dapat digunakan untuk android dan komputer, yang dapat di unduh di playstore dan web resmi mereka. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah video proses rapat atau perkuliahan online kalian dapat direkam, sehingga nantinya dapat dilihat kembali untuk beberapa keperluan.

Dalam beberapa minggu ini, pengguna Zoom mengalami lonjakan yang tinggi semenjak adanya himbauan untuk belajar dan bekerja dari rumah karena akibat dari wabah Coronavirus atau wabah Covid-19. Akan tetapi, banyak pihak yang mengatakan kalau sedikit berbahaya untuk menggunakan aplikasi ini karena End to End Encryption yang dilakukan oleh Zoom ternyata tidak 100 % end to end, sehingga ada kemungkinan pihak lain dapat melihat data rekaman percakapan kita selama rapat atau sekolah. Sebelum mencoba, ada baiknya lebih difikirkan dan berhati-hati ya guys.

3. Google Hangouts Meet
Kalau tadi kita membahas tentang Microsoft Teams yang dikeluarkan oleh Microsoft, kali ini adalah aplikasi video call untuk keperluan rapat yang dikeluarkan oleh Google, yaitu Google Hangouts Meet. Aplikasi ini dapat menampung hingga 250 orang dalam sekali rapatnya, dan dapat melakukan live streaming untuk 100.000 orang/pengguna, dan rapat atau perkuliahan tadi dapat direkam dan dimasukkan kedalam google drive, wow luar biasa bukan. 

Aplikasi ini pada dasarnya adalah aplikasi berbayar, yaitu kamu harus membayar terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya, tetapi semenjak adanya wabah virus seperti sekarang ini, google menggratiskan penggunaanya hingga 20 September 2020 loh, yang artinya kalian bisa bebas menggunakan Google Hangouts Meet untuk kepentingan rapat, perkuliahan, ataupun kegiatan belajar mengajar secara online tanpa membayar sepeserpun, terimakasih google. 

4.Quizizz


Quizizz memang bukanlah aplikasi video call, akan tetapi aplikasi ini sering digunakan oleh guru untuk memberikan test kecerdasan dan pengetahuan umum untuk murid-muridnya yang belajar dari rumah, maka dari itu aplikasi ini saya masukkan kedalam daftar. Kelebihan aplikasi ini adalah tampilannya yang menarik, serta metode quis nya yang menampilkan rating nilai dari masing-masing murid, semakin banyak pertanyaan yang kamu jawab benar, maka ranking kamu akan semakin tinggi.

Selain itu aplikasi ini menyediakan beberapa pilihan bantuan yang unik, seperti pilihan untuk mendapatkan double point ketika menjawab benar, hingga pilihan untuk menyelamatkan combo point kita ketika jawaban yang dipilih salah. Sebuah aplikasi untuk tujuan edukasi yang diselingi dengan hiburan bak game online, sangat menarik untuk dicoba.

Related Posts

Posting Komentar