Cara Mengatasi Kucing yang Memuntahkan Obatnya Terus Menerus

Posting Komentar
Sebagai pemilik hewan peliharaan khususnya kucing, pasti ada beberapa dari mereka yang mengalami masalah ketika kucingnya sakit dan ketika diberi obat, kucingnya justru memuntahkan obatnya tersebut. Biasanya kucing akan memuntahkan obat secara langsung seperti biasa, atau memuntahkannya dengan cara meludahkan obat yang memiliki rasa pahit di lidahnya, untuk kasus yang nomor 2 ini, biasanya kucing akan mengeluarkan air liur berwarna putih dan berbusa di seluruh mulutnya, dan kita pasti akan sangat panik karena takut keracunan.


Faktanya hal tersebut tidak selalu menandakan kalau kucing kita tengah keracunan, karena kemarin saya baru mengalami hal tersebut, sehabis diberikan obat, kucing saya meludahkan kembali obat tersebut dengan cara mengeluarkan air liurnya yang berwarna putih dan berbusa, terus menerus hingga rasa pahit di lidah menghilang. Pertanyaannya, lalu bagaimana cara mengakali agar kucing saya mau meminum obatnya ? yuk disimak tips berikut ini:

Campurkan Sedikit Obat di Air Minumnya

Biasanya obat yang memiliki rasa pahit adalah obat tablet yang dihaluskan lalu dicampur dengan air, beberapa kucing sangat peka terhadap rasa pahit tersebut, sehingga cenderung memuntahkannya ketika kita memasukkan obat ke mulutnya. Cara mengatasinya adalah dengan mencampur sedikit (sekitar 1/4 atau 1/2) obatnya kedalam air minum, dan menunggu hingga air minumnya tersebut diminum habis olehnya, cara ini bisa dicoba, dan perlu diingat jangan memasukkan obat terlalu banyak kedalam air minumnya, karena akan mengakibatkan rasa air minum berubah menjadi pahit, dan tentunya akan membuat kucing kamu kembali memuntahkan obat tersebut.

Campurkan Obat Dengan Makanannya

Coba lakukan hal ini jika kucing kalian terus menerus memuntahkan obatnya, caranya adalah dengan cara mencampurkan obat dengan makanannya, obat dan makanan yang dicampurkan harus memiliki perbandingan yang tinggi antara obat dan makanan, hal tersebut untuk meminimalisir kemungkinan rasa makanan berubah menjadi pahit. Rebus ikan (bisa ikan layang atau ikan lainnya) lalu pisahkan antara daging dan tulangnya, dan blender atau haluskan daging ikan tersebut sambil dicampur dengan obatnya, perlu diingat bahwa nantinya makanan ini harus langsung diberikan ke kucing kalian, jangan berlama-lama menyimpan makanan yang dicampur obat karena hal tersebut justru kurang baik untuk kucing kalian.


Kemudian kamu bisa memberikan makanan dengan campuran sedikit obat tersebut ke kucing kamu, jika kucing kamu tidak mau makan karena kondisinya yang lemas, maka kamu harus menyuapi kucingmu tersebut dengan menggunakan tangan atau suntikan spuit spet, yang biasa digunakan untuk memberi makan kucing. Suntikan ini bisa didapatkan di petshop dengan harga murah, dan sesuaikan besar suntikan tersebut dengan ukuran kucing kalian, suntikan yang dipakai untuk memberi makan hewan tidak memiliki jarum di ujungnya, karena hanya berfungsi untuk menyuapi.

Segera Masukkan Makanan ke Mulut Kucing Setelah Memberikan Obat

Cara yang terakhir yaitu segera memasukkan makanan ke mulut kucing setelah selesai memberikan obat, hal ini adalah cara yang lebih mudah dilakukan ketimbang kamu menyampurkan obat dengan makanannya, yang diperlukan adalah 2 spuit yang masing-masing sudah berisikan makanan dan obat kucing, ketika obat sudah diberikan, segera masukkan makanan kucing tersebut ke mulutnya, untuk menetralisir rasa pahit dari obat. Makanan yang saya rekomendasikan adalah jenis wet food yang bisa kalian dapatkan di petshop, hal tersebut karena wet food memiliki rasa dan aroma ikn yang kuat, sehingga diharapkan dapat menetralisir rasa pahit dari obat.

Related Posts

Posting Komentar