Obat Alami Kucing Diare / Mencret yang Tidak Kunjung Sembuh

Posting Komentar
Diare atau mencret adalah momok bagi setiap pemilik hewan peliharaan, khususnya kucing, karena ketika kucing diare, kita sebagai pemiliknya akan sangat sibuk mengurus kotorannya yang berceceran dimana-mana. Salah satu ciri kucing kalian terkena penyakit diare adalah ketika kotorannya berbentuk encer atau kental, selain itu setiap harinya ia dapat buang air besar sebanyak 7 - 8 kali, dan kucing kamu terlihat lemas. Lalu bagaimana cara alami untuk menyembuhkan kucing diare ? berikut ini akan saya jelaskan tipsnya menurut pengalaman saya.


Berikan Pertolongan Pertama Dengan Memberikan Oralit

Pertolongan pertama yang wajib dilakukan ketika kamu menyadari bahwa kucingmu mengalami diare adalah dengan memberikan oralit, oralit dapat memberikan energi ke kucing kamu yang mengalami lemas karena diare, serta dapat meredakan sakit perut dan pencernaannya. Cara membuat oralit sendiri cukup mudah, yang dibutuhkan hanya 1 gelas air putih ( usahakan air minum agar higienis), dan 1/2 sendok makan gula dan garam, lalu campurkan semuanya kedalam gelas, dan aduk hingga merata.

Setelah oralit selesai dibuat, berikan air oralit tersebut sebagai air minum kucing kalian, kalau kucing kalian belum mau meminumnya, jangan panik dulu, taruh saja air tersebut ditempat minum, dan tunggu hingga kucing kalian mau meminumnya. Saat pemberian oralit ini, puasakan kucing kalian selama 12 jam (jangan diberi makan), hal tersebut untuk mengeluarkan semua kotoran diperutnya, dan meredakan sakit perutnya dengan bantuan oralit tadi, setelah 12 jam, baru kalian bisa memberikan makanan (usahakan wet food) ke kucing kalian.

Berikan Tempe Rebus 

Tempe rebus dapat meredakan diare pada kucing, belilah tempe di warung manapun dan rebus dengan air yang mendidih, lalu berikan tempe tersebut ke kucing kalian untuk meredakan diarenya. Namun kenyataannya tidak semua kucing mau memakan tempe rebus, karena kucing pada dasarnya adalah hewan karnivora, lantas bagaimana caranya agar ia mau memakan obat tempe rebus tersebut ? 

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggabungkan tempe rebus tadi dengan ikan rebus, lalu berikan ke kucing kalian, ikan yang direbus saya rekomendasikan ikan layang karena harganya yang cukup murah, dan dagingnya yang lumayan banyak, cara menyampurkannya dapat menggunakan blender atau dengan ditekan-tekan menggunakan sendok biasa, lalu berikan ke kucing kalian. Untuk perbandingan antara tempe dan daging ikan sendiri, usahakan kamu menaruh lebih banyak daging ikan dibanding tempe.


Jika Dalam 5 Hari Diare Belum Juga Sembuh Segera Bawa Ke Dokter Hewan

Jika diare pada kucing kalian belum sembuh juga dalam 5 hari walaupun sudah mengikuti tips diatas, maka sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk penanganan yang maksimal. Selain itu usahakan rajin memandikan kucing kalian setelah sembuh dari diare, karena salah satu hal yang dapat membuat kucing diare adalah telur kutu yang berada di seluruh tubuhnya, telur kutu tersebut ketika terjilat oleh kucing akan menjadi parasit di ususnya, sehingga dapat menyebabkan diare. Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar