Pengertian Encode & Decode Video

Posting Komentar
Kalian semua pasti pernah mendengar istilah encode, encoding, decoding dan decode bukan ? encoding pada dasarnya adalah kegiatan untuk mengubah format suatu video atau sound ke dalam bentuk data lainnya, hal ini biasanya sangat sering di dengar dalam dunia perfilman dan editing video. Nah kali ini saya akan coba bahas mengenai pengertian encode dan decode video secara ringkas.


Kenapa Kita Melakukan Proses Encode Video ?

Pada dasarnya encode video atau encoding adalah proses untuk mengubah format suatu data kedalam bentuk data lainnya, proses ini biasanya dapat digunakan untuk mengompresi video yang lama dengan size yang lebih besar kedalam bentuk yang baru (yang lebih kecil size nya). Selain itu encode video juga berfungsi untuk merubah format suatu video kedalam format lainnya (contohnya format amv dirubah ke format mp4), proses ini dilakukan agar video tersebut dapat cocok dan bisa berjalan di aplikasi editing video lainnya, sebagai contoh Adobe Premiere Pro biasanya membutuhkan format video mp4 atau h.264 agar dapat berjalan secara optimal.

Apa itu Decoding ? Apa Perbedaannya Dengan Encoding ?

Decoding adalah kebalikan dari encoding, decoding dalam artiannya adalah proses dimana kita mengubah format video ke format asalnya, misalnya pada awalnya video tersebut memiliki format amv yang telah dirubah kedalam format mp4, lalu kita merubah kembali video dengan format mp4 tersebut ke format asalnya, yaitu amv. 

Bagaimana Cara Kita Melakukan Encoding dan Decoding?

Proses encoding dan decoding dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi, aplikasi khusus untuk melakukan kegiatan ini salah satu contohnya adalah handbrake, yang bisa kalian dapatkan di situs web resminya. Dengan banyaknya apllikasi encode video yang tersebar sekarang semakin memudahkan kita untuk melakukan kegiatan ini, karena hal tersebut sangat penting dalam dunia perfilman dan editing video.

Related Posts

Posting Komentar