Setting Export Video YouTube di Adobe Premiere Pro

Posting Komentar
Adobe Premiere Pro menyediakan berbagai setting untuk export video, mulai dari setting format video dan juga sound. Kita bisa memilih tingkat resolusi dan format video yang akan kita buat, serta merubah format sound seperti mono ataupun stereo. Terkadang banyak orang yang masih kebingungan menentukan settingan terbaik untuk video yang akan di upload ke YouTube, maka dari itu berikut ini Artha Blog akan membahas mengenai hal tersebut.

Export Setting


Untuk bagian awal yaitu export setting, gunakan format H.264, format tersebut memungkinkan kita untuk mengexport video dengan format MP4 yang sangat disarankan oleh YouTube. Selanjutnya klik centang pada export video dan audio, jikalau kalian ingin membuat video tanpa suara klik export video saja, begitupun sebaliknya, jika ingin audio saja, hanya lakukan klik / centang pada menu export audio.

Pada bagian Output Name, kalian bisa merubah nama file video yang akan kalian buat, caranya yaitu cukup klik saja pada tulisan VID_2020051_122724(0) diatas, lalu tulis nama file yang kalian inginkan nantinya.

Setting Bagian Video


Selanjutnya klik pada kolom video dibawah menu export setting, setelah itu scroll kebawah sampai kalian menemukan menu bitrate settings, pada bagian ini ubah bitrate encoding menjadi VBR, 1 pass, dan ubah target bitrate [Mbps] menjadi 10, sedangkan maximum bitrate [Mbps] ubah menajdi 12, setelah itu kita bisa pindah ke bagian menu Audio.

Setting Bagian Audio


Setting pada bagian Audio ini menentukan kualitas sound yang dihasilkan nantinya, jika salah menentukan pengaturan, sound/audio yang dihasilkan akan jelek dan tidak terdengar tidak jelas setelah di eksport ataupun setelah di upload ke YouTube. 

Pertama-tama ubah audio format settings menjadi AAC, lalu pada bagian basic audio settings, ubah audio codec menjadi AAC, sample rate dan channels menjadi 48000 Hz dan Stereo. Pada bagian audio quality pilih kualitas High (kualitas tinggi), dan ubah bitrate settings menjadi 320. 


Kemudian scroll kebawah dan kalian akan menemukan menu advanced settings, pada bagian menu ini pilih precedence menjadi Bitrate. 

Setelah kalian melakukan setting video dan audio sesuai dengan arahan diatas, silahkan klik ok dan memulai proses eksport video, nantinya video yang dihasilkan sesuai dengan tutorial yang saya berikan akan memiliki kualitas yang baik, serta tidak mengalami perubahan kualitas audio ataupun video saat di upload ke YouTube.

Related Posts

Posting Komentar