Pengertian Recount Text dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Posting Komentar
Recount text adalah jenis text yang menceritakan mengenai pengalaman masa lampau atau masa lalu, yang bertujuan untuk menghibur pembaca ataupun memberikan informasi yang terjadi di masa lalu, itulah sebabnya dalam recount text ini menggunakan kalimat simple past tense. Recount text terdiri dari 3 tubuh utama, yaitu orientation, series of events, dan reorientation.

Pengertian Orientation, Series of Events, dan Reorientation
  • Orientation atau pembukaan adalah paragraf yang menceritakan mengenai latar belakang cerita, yang di dalamnya terdapat seting latar tempat, waktu, dan tokoh. 
  • Series of events adalah paragraf yang menceritakan mengenai urutan kejadian yang telah terjadi di masa lalu, pada paragraf atau bagian ini, kalian menceritakan kejadian yang telah terjadi mengikuti urutan kronologis. 
  • Reorientation adalah paragraf yang berisi tentang harapan ataupun kesimpulan dari paragraf-paragraf sebelumnya, reorientation ini sama seperti paragraf penutup dalam setiap text cerita.


Contoh Recount Text Bahasa Inggris

Orientation

About 3 months ago, my family and I went on vacation to Bandung with my parents and 3 older siblings, namely Dodo, Abang Nanda, and Kakak Daffa. My Dodo cared very much about all of us, so he invited us to vacation as a family, because this is the first time in 5 years we can gather together.

Series of Events

6 months ago since the news of Dodo's return, our family and I were still not very happy because Dodo had not yet arrived in Indonesia, because all this time the news of his return to the house was just a lie, we were still doing well and normal activities, I was still in school and my parents were still working at that time . However, when the beginning of March, Dodo suddenly came and approached all of us, at that time he said he wanted to spend a lot of time with us and invited us to have a family outing.

After that we immediately got ready and went to Bandung, there we went to several tourist attractions, and took lots of family photos, at that time we looked very happy, we spent time going to the mall, traveling to the trans studio, and have fun at the hotel. After that, about 3 days later, our family decided to go home because the vacation was over. The experience for a few days was very interesting, because I have long been unable to gather with my family every day, even more so with Dodo, because for the past 5 years he studied far away in England. At this time after undergoing 3 months of semester break, it doesn't feel that Dodo's vacation period has ended, and he will soon return to England.

Reorientation

My hope is that Dodo and our family can get together and live a normal life again, the time we spent together yesterday seemed to pass quickly and the experience over the past few days has left an impression on my heart and mind.

Terjemahan Bahasa Indonesia

Orientation

Sekitar 3 bulan yang lalu, saya dan sekeluarga pergi berlibur ke Bandung  bersama kedua orang tua dan 3 kakak saya, yaitu dodo, abang Nanda, dan kakak Daffa. Dodo saya sangat perduli dengan kami semua, sehingga dia mengajak kami untuk liburan sekeluarga, karena ini untuk pertama kalinya dalam 5 tahun kami bisa berkumpul bersama.

Series of Events

6 bulan yang lalu sejak kabar kepulangan Dodo, kami sekeluarga masih belum begitu senang karena Dodo belum datang Indonesia, karena selama ini berita kepulangannya ke rumah hanya bohong belaka, kami masih menjalani kegiatan dengan baik dan normal, saya masih sekolah dan orangtua masih bekerja waktu itu. Akan tetapi ketika awal maret yang lalu, Dodo tiba-tiba datang dan menghampiri kami semua, waktu itu dia berkata ingin menghabiskan banyak waktu dengan kami dan mengajak kami untuk mengadakan jalan-jalan sekeluarga.

Setelah itu kami segera bersiap-siap dan pergi ke Bandung, disana kami pergi ke beberapa tempat wisata, dan mengambil banyak foto keluarga, pada saat itu kami terlihat sangat bahagia sekali, kami menghabiskan waktu pergi ke mall, jalan-jalan ke trans studio, dan bersenang-senang di hotel. Setelah itu sekitar 3 hari kemudian, kami sekeluarga memutuskan untuk pulang ke rumah karena waktu libur sudah habis. Pengalaman selama beberapa hari tersebut sangat menarik, karena sudah lama saya tidak bisa berkumpul bersama keluarga setiap harinya, terlebih lagi bersama dodo, karena selama 5 tahun ini dia kuliah jauh di Inggris. Saat ini setelah menjalani 3 bulan masa libur semester, tidak terasa masa liburan Dodo telah berakhir, dan dia akan segera kembali ke Inggris. 

Reorientation

Harapan saya Dodo dan kami sekeluarga bisa berkumpul dan menjalani kehidupan normal kembali,  waktu yang kami habiskan bersama kemarin terasa cepat berlalu dan pengalaman selama beberapa hari  ini sangat membekas di hati dan fikiran saya.

Related Posts

Posting Komentar