Cara Menjernihkan Suara Video Menggunakan Adobe Premiere Pro

Posting Komentar
Dalam proses editing menggunakan Adobe Premiere Pro, terkadang kerap terjadi beberapa permasalahan, seperti kualitas visual dan audio yang tidak bagus, yang diakibatkan oleh kurangnya kualitas kamera perekam gambar. 

Terdapat beberapa pertanyaan yang kerap diajukan oleh para pelaku editng, yaitu bagaimana cara kita untuk memperbaiki atau menjernihkan audio yang rusak dan kurang bagus? karena terkadang disaat merekam gambar, terdapat beberapa suara yang tidak di inginkan ikut terekam, seperti suara kendaraan, suara mesin, ataupun suara lainnya yang cukup berisik dan mengganggu. 

Untuk menghilangkan suara-suara berisik tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tools denoise.

Apa itu Denoise dan Bagaimana Cara Menggunakannya ?

Denoise adalah tools atau alat yang terdapat di Adobe Premiere Pro, fungsinya adalah untuk menghilangkan dan menjernihkan suara-suara mengganggu yang terdapat di dalam video, seperti suara hujan, suara kendaraan, ataupun suara berisik lainnya yang diakibatkan oleh keramaian.

Caranya:
  • Masuk ke Adobe Premiere Pro dan masukkan video yang ingin kalian perbaiki soundnya

  • Klik tab effect pada bagian atas, dan pilih menu audio effects


  • Pilih menu/tools denoise dan drag atau tarik menu tersebut ke kolom suara yang ingin kalian rubah


  • Setelah itu klik kolom suara yang ingin kalian ubah, dan akan muncul menu effect control seperti pada gambar berikut, lalu klik edit


  • Jika kalian telah mengklik edit, akan muncul menu seperti ini, dibagian preset kalian bisa memilih tingkat pemurnian suara yang ingin kalian lakukan, terdapat 2 menu yaitu heavy noise reduction dan light noise reduction, heavy untuk menghilangkan suara menggangu yang terdengar sangat keras, sedangkan light untuk menghilangkan suara mengganggu yang terdengar kecil atau samar-samar.


Jika sudah memilih menu yang diinginkan, silahkan klik tanda silang untuk keluar dari menu, dan kamu bisa merasakan perubahannya. Suara yang mengganggu tersebut akan hilang dan sound di video kamu sudah lebih terasa jernih, akan tetapi cara ini tidak serta merta 100 persen berhasil, jika sound yang ingin kamu ubah tingkat kerusakannya terlalu tinggi, maka cara ini hanya bisa membantu menjernihkan suara tersebut sekitar 50% saja.

Related Posts

Posting Komentar